Wednesday, 30 January 2019

Resensi Buku : Startupreneur Karya Hendri E. Ramadhan

Buku Startupreneur yang ditulis oleh Hendri E. Ramadhan menjadi buku favorit diantara buku yang say abaca bulan ini. Buku ini menargetkan segmentasi pasarnya kepada orang-orang yang ingin belajar dan mendirikan startup khususnya dalam kerangka entrepreneur. Buku ini dikeluarkan pada tahun 2016 dan menjadi buku yang tinggi peminatnya. Berawal dari sebuah pengalaman dan pelatihan yang didapatkan oleh penulis menjadikan buku ini lengkap dengan teori dan aplikasiannya.

Beberapa buku yang saya baca mengenai bagaimana cara terbaik untuk mendirikan startup atau bisnis era modern kurang memberikan wawasan yang to the point. Pada buku ini, hal yang saya dapatkan secara jelas dan langsung ialah buku Startupreneur menjelaskan secara langsung dari tatanan konsep hingga teknis dengan ringkas, padat dan sangat jelas. Sehingga, saya merasa sangat memahami dan dimudahkan untuk membuat startup.

Pada sisi lain, penulis menulis buku ini pengalaman ia menjadi delegasi Indonesia pada pelatihan bisnis di Malaysia. Pada saat itu ia hanya satu-satunya orang Indonesia yang lolos tahap seleksi dengan karya bisnisnya yaitu  LabSatu.com, market place pertama tentang kebutuhan lab. Ia melihat potensi peluang yang sangat besar dan mendapatkan apresiasi sebagai 10 peserta terbaik dengan karyanya. Ia juga menuangkan ilmu yang sangat luar biasa yang didapatkannya dari petinggi-petinggi unicorn, investor facebook, pemegang andil pada startup unicorn di Silicon Valley ditambah dengan pengalaman menjadi sebuah tulisan yang sangat membantu.

Buku ini juga menjelaskan sangat detailnya proses yang dilakukan oleh orang-orang diluar sana saat mendirikan startup. Mulai dari proses memahami apa yang dirasakan oleh pelanggan melalui konsep design thinking. Kemudian ada strategi dan model bisnis, proporsi nilai pelanggan sampai dengan strategi Go-To-Market dan manajemen sales.

Selain itu juga buku ini dilengkap dengan informasi menarik yang tidak dimiliki buku pada umumnya. Yaitu membertahu akses yang bisa dipergunakan seperti informasi terhadap customer atau pelanggan mengenai hal-hal yang bisa menjadi supporting system dari startup yang didirikan. Mulai dari data kantor Co-Working Space, buku referensi, media sosial startup, sampai            program akselerator dan incubator startup.

Buku Startupreneur sangat direkomendasikan untuk dibaca bagi kalangan yang ingin memulai dan merintis bisnis startupnya. Insight yang didapat tidak hanya bisa diaplikasikan dalam berbisnis tapi bisa juga dalam kehidupan berorganisasi bagi kalangan mahasiswa. Selanjutnya, saya akan meneruskan buku seri selanjutnya dari buku Startupreneur ini.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Young Inspirer | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com