Monday, 24 December 2018

Elon Musk : Si Tony Stark dari Abad 21

Elon Musk lahir di Kota Pretoria, Afrika Selatan pada tanggal 28 Juni 1971. Elon Musk adalah pria jenius di abad 21 karena memiliki ide gila namun dia berhasil mewujudkannya. Karena ide gilanya itu, maka saya sebut Elon Musk adalah Tony Stark di dunia nyata yang hidup di abad 21. Tony stark sangat ahli dan cinta terhadap teknologi, begitupun Elon Musk. Elon Musk memanfaatkan teknologi dengan baik untuk kebermanfaatan orang banyak.

http://wallpapersdsc.net

Masa kecil Elon Musk terbilang cukup menyedihkan dan penuh penderitaan. Elon Musk yang berusia 9 tahun harus menerima perceraian orang tuanya. Di sekolah, Elon Musk dikenal sebagai anak yang pemalu dan pendiam. Penampilannya juga kerap dianggap culun oleh teman-temannya. Karena hal tersebutlah Elon Musk di bully oleh teman-temannya. Elon Musk menjadi sering menyendiri dan banyak menghabiskan waktunya untuk membaca buku. Karena kebiasaan membaca buku itu awal mula Elon Musk menjadi pria jenius dan berhasil melahirkan karya-karya besar.

Musk memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Ketertarikannya terhadap dunia teknologi  sudah ditunjukkannya sejak ia berumur 9 tahun. Ketika tinggal bersama ayahnya, ia mempunya komputer pertamanya, yaitu Commodore VIC-20. Kecintaan Musk terhadap komputer mendorongnya mempelajari banyak hal yang bisa ia ciptakan dengan komputer. Ia kemudian mempelajari bahasa pemrograman melalui buku-buku.

Hasil kerja kerasnya dalam mempelajari bahasa pemrograman membuat Musk kecil berhasil membuat game diusianya yang ke-12 tahun. Tepatnya pada tahun 1984, Elon Musk berhasil membuat game yang bernama Blastar. Blastar merupakan video game mengenai ruang angkasa. Game tersebut juga awal mula kesuksesan Musk remaja.

Musk remaja lulus dengan meraih 2 gelar, yakni Bachelor of Economy of Science dari University of Pennsylvania School of Arts and Science. Setelah itu, Musk sempat melanjutkan pendidikan tingkat doktoral di Stanford University. Namun, Musk memutuskan untuk menjalani masa studinya hanya beberapa hari di universitas tersebut. Musk fokus untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk banyak orang.
Musk berpendapat bahwa setidaknya ada lima hal yang akan mempunyai pengaruh besar dan kehidupan manusia yang akan datang, yakni internet, energi terbarukan, eksplorasi ruang angkasa, kecerdasan buatan (artificial intellegence), dan program kode genetik manusia. Diantara kelima ide bisnis tersebut, internet merupakan bisnis pertama yang diterjuni Musk. Bisnis pertamanya yaitu Zip2. Bisnis ini dirintis dengan modal USD 28.000 dari ayahnya. Pada masa itu, internet memang sedang berkembang dengan pesat. Namun, pada awalnya Musk kesulitan untuk mendapatkan konsumen yang ingin memakai temuannya itu. Namun Musk tidak putus asa dan terus bekerja keras sampai mendapatkan pelanggan. Di tahun 1999, Zip2 di jual ke Compaq dengan harga USD 341 Juta. Dari penjualan itu, 
Musk mendapatkan bagian sebanyak USD 22 juta.

Di tahun 2001, Musk kemudian mendirikan PayPal dan menjadi CEO atas perusahaan tersebut. PayPal merupakan penyedia jasa pembayaran online terbesar di dunia. Tak sedikit yang meyakini jika PayPal suatu saat nanti akan menjadi perushaan yang mendunia, dengan jumlah pengguna yang sulit dihitung jumlahnya. Dan benar saja, tepat di bulan Maret tahun 2000, tercatat telah ada 1 juta pengguna layanan PayPal diseluruh dunia. Jumlah ini dipastikan akan terus bertambah, mengingat banyaknya pengguna yang memperoleh kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran lewat PayPal.

Di bawah kepemimpinan Elon Musk yang kala itu dipercaya menjadi CEO, PayPal terus mengalami perkembangan dan menjelma sebagai perusahaan baru yang dierhitungkan. Pada tahun 2002, PayPal di akuisisi oleh Ebay karena melihat peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan melihat perkembangan PayPal yang begitu cepat.
Setelah PayPal, Elon Musk tidak berhenti berkarya. Dia memutuskan ingin membuat project menjelajah Antariksa dengan Space X.
“If one can figure out how to effectively reuse rockets just like airplanes, the cost of access to space will be reduced by as much as factor of a hundred.”-Elon Musk
Begitulah tanggapan Elon Musk ketika pertama kali ditanya mengenai alasan di balik pembuatan roket ciptaannya. Musk percaya bahwa roket juga dapat digunakan secara efektif seperti pesawat terbang, yang mampu mengudara dan mendarat secara berulang-ulang.

SpaceX berhasil menciptakan Falcon 1 dan Falcon 9. Di tahun 2008, Falcon 1 menjadi kendaraan luncur berbahan bakar cair pertama yang diluncurkan secara pribadi oleh SpaceX. Pada 23 Desember 2018 SpaceX secara resmi dikontak oleh NASA dengan nilai mencapai 1,6 miliar dolar Amerika. Kesepakatan tersebut tercapai setelah SpaceX berhasil menerbangkan 12 roket dan wahana antariksa Dragon yang merupakan kapsul berisi suplai rutin bagi awak ISS seperti sistem navigasi, perlengkapan medis, dan pengukur gas atmosfer.

Tesla merupakan sebuah perusahaan otomotif yang khusus mengembangkan mobil sport bertenaga baterai yang memiliki kecepatan tinggi. Tesla merupakan perusahaan keempat Elon Musk yang diberi nama yaitu Tesla Motors Inc, dengan biaya sebesar USD 7,5 juta pada April 2004. Produk perdana Tesla yaitu Tesla Roadster. Tesla Roadster merupakan mobil seri perdana yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Mobil ini sanggup menempuh jarak hingga 221 mil atau setara dengan 365 km dalam sekali pengisian baterai.

Selain memproduksi Tesla Roadster yang berjenis mobil sport, Tesla juga memproduksi mobil jenis lain seperti sedan. Sedan produksi Tesla yang awalnya diberi nama White Star ini kemudian dipasarkan dengan nama baru yang lebih sederhana yaitu ‘Tesla Model S’. Kabin mobil dilengkapi dengan dashboard sistem layar sentuh dan beberapa fitur lain yang tidak kalah canggih. Mobil ini mampu menempuh jarak 300 km untuk sekali pengisian baterai.

Tesla model X merupakan nama yang diberikan pada produk ketiga yang dikeluarkan oleh perusahaan Tesla. Mobil ketiga rancangan Tesla ini diprediksi akan menjadi produk yang lebih menguntungkan bagi perusahaan dibanding dengan dua produk pendahulunya. Tesla berencana akan membuat panel surya dengan sistem solar-photovoltaic untuk dipasang pada atap mobil yang diproduksinya.
‘’People work better when they know what the goal is and whay. It is important that people look forward to coming to work in the morning and enjoy working.’’-Elon Musk
Dan itu lah ide-ide dan impian hebat Elon Musk yang ia dapat wujudkan dan dapat bermanfaat untuk banyak orang. Semua berawal dari keinginan membaca buku. Buku merupakan hal terpenting untuk membuka wawasan dan melihat dunia.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Young Inspirer | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com