Tuesday, 13 November 2018

Harga dari Sebuah Konsistensi


Hasil gambar untuk kutipan tentang konsistensi

Dalam sebuah usaha pencapaian mimpi, ada suatu formula kecil yang sering kali dilupakan oleh kebanyakan orang.

Banyak pihak sibuk mengampanyekan tentang mimpi besar yang sejalan dengan keberanian untuk mencapai mimpi itu sendiri, namun tak banyak yang menyadari betapa penting sebuah konsistensi. Di luar sana,  orang-orang yang memiliki pemikiran-pemikiran kreatif berlalu-lalang melintasi masa kini, akan tetapi, mereka yang mempunyai konsistensi tinggi dalam merealisasikannya, tidak banyak yang bertahan.

Padahal, kunci tertinggi dalam sebuah pencapaian yang besar tidak hanya terletak pada ide-ide kreatif yang ditawarkan, sebab jika hanya sebatas sebuah gagasan, tujuan yang diharapkan tidak akan mungkin bisa dirasakan.

Konsistensi seumpama larutan penyangga yang mempertahankan pH dari suatu larutan kimia, yang dalam hal ini larutan kimia itu sendiri adalah upaya dari realisasi gagasan yang ingin diwujudkan. Tanpa adanya konsistensi, upaya tersebut tidak akan memiliki kekuatan, sebab otak manusia didesain untuk mudah terdistraksi dengan banyak hal. Gagasan-gagasan kreatif tadi akan dengan mudah musnah secara alamiah, yang setiap waktunya akan kehilangan “harga” bagi si penggagasnya sebab ide-ide baru yang lebih segar akan terus berdatangan.

Sebelum mengganti fokus pada ide yang baru, akan lebih baik jika kita menyelesaikan dulu proses realisasi dari ide sebelumnya, sebab tumpukan ide-ide kreatif tidak memiliki harga jika tidak diwujudkan.

Untuk itu, harga tertinggi di balik sebuah pencapaian, sejatinya adalah konsistensi.  Maka, sebelum terlalu tenggelam dalam khayalan keberhasilan, belajarlah untuk mencapai konsistensi itu sendiri :)


P.s. tulisan ini dibuat bukan untuk menggurui, melainkan untuk mengingatkan diri sendiri yang sedang krisis konsistensi.

Share:

0 komentar:

Post a comment

Copyright © Young Inspirer | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com