Monday, 8 October 2018

Tak Apa Menjadi Tidak Sempurna




sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/AVDqmmAFMnZrPUUQFjA02iW1hTbm4TTMEvXOiYvX8v5427n3bfAweLs/

Di dunia ini, tidak ada yang tercipta dalam keadaan sempurna.

Kamu tidak bisa memaksakan semua orang menyukaimu meski sekeras apa pun engkau berusaha untuk menjadi manusia paling baik sedunia. Akan selalu ada pihak yang tidak menyukai apa yang kamu lakukan, dan itu tidak sepenuhnya buruk, sebab terlampau heterogennya persepsi manusia seringkali membiaskan mana yang sejatinya baik dan mana yang memang menyalahi sisi kebenaran.

Tidak ada satu hal pun yang sempurna di muka bumi ini, pun begitu pula dirimu di hadapan orang-orang sekitarmu. Sebaik apa pun kamu berusaha menutupi kecacatan dalam dirimu, persepsi dari masing-masing orang yang begitu beragam, akan mampu mencium semua kecacatan-kecacatan itu. Barangkali, ada satu titik di mana seseorang tidak menyukai apa yang engkau lakukan, namun bagi beberapa pihak, mereka mampu memaklumi itu sesederhana karena mereka memahami niatan yang engkau maksudkan saat terpikirkan untuk melakukan hal tersebut.

Suatu saat, di suatu waktu yang entah kapan, meski sebaik apa pun engkau memperlakukan seseorang, akan selalu ada kecenderungan bagi dirimu untuk melakukan kesalahan—dan itu semata-mata bukanlah suatu hal yang sepenuhnya nista, sebab sejatinya, tidak akan pernah ada kesempurnaan di dunia yang sejak awal telah diciptakan tidak sempurna ini.

Belajarlah untuk sesekali memaafkan kesalahan yang telanjur kamu ciptakan, sebab terlalu berkeras hati kepada diri sendiri sekalipun tidak akan membantumu menjadi lebih baik. Jadikan kesalahan-kesalahan itu sebagai alarm yang senantiasa mengingatkanmu agar tidak kembali terjerumus dalam kecacatan yang sama.

Jadi, tidak mengapa untuk menjadi tidak sempurna.

Kesempurnaan itu tidaklah nyata.

Kamu telah melengkapi kesempurnaan itu sendiri bahkan dengan kekurangan-kekurangan yang kamu miliki.

P.s. tidak bermaksud menggurui. 
Didedikasikan untuk diri saya sendiri :)
Share:

1 comment:

Copyright © Young Inspirer | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com