Wednesday, 6 June 2018

Wanita Berkarir Surga #1

Hallo Inspirers!
Aku mau berbagi rangkuman isi dari buku Wanita Berkarir Surga. Buku ini ditulis oleh Ustadz Felix Y. Siaw dan tim Hijab Alila. Buku yang penuh dengan visual ini ingin menyampaikan pandangan tentang wanita yang akhir akhir ini menjadi trending topic karena munculnya faham feminisme.

https://www.google.com/
Pada awal buku, penulis mengungkapkan sejarah perlakuan terhadap wanita dari 6 peradaban, yaitu Yunani, Romawi, India, Cina, Arab Jahiliyyah, dan Eropa. Wanita mendapatkan posisi tidak terhormat dan perlakuan menyedihkan pada 6 peradaban tersebut. Pada Masa Yunani wanita dari kalangan bawah diperjual belikan seperti halnya China yang memperjual belikan gadis. Janda di India harus melakukan tradisi sati atau membunuh dirinya sendiri sebagai bukti pengabdian terhadap suami. Eropa membantai wanita karena dipercaya penampung setan dan roh jahat bahkan Arab jahiliyyah (sebelum islam masuk) mengubur anak perempuannya hidup-hidup.

Karena penyiksaan-penyiksaan tersebut, akhirnya kaum feminisme bangkit untuk membela wanita.  Tuntutannya sederhana yaitu “Kesetaraan pria wanita”. Kalau pria boleh, wanita juga boleh. Muncullah gerakan-gerakan feminisme yang berpemikiran liberal, marxis, sosial, dan lain-lain. Feminisme juga menuduh islam mendiskriminasi wanita dengan contoh warisan, poligami, talaq, dan lain-lain. Mereka memandang aturan islam membuat wanita jadi terkekang dan terbelakang.

 Feminisme menghasilkan pemikiran wanita bebas tanpa batas. Wanita dapat bersaing dengan pria dari mulai kekayaan, jabatan, dan aktivitas lainnya. Akibatnya, banyak terjadi broken home (perceraian) karena gugatan dari perempuan. Data dari Puslitbang Kementrian Agama tahun 2016, 70% dari kasus perceraian adalah karena gugatan cerai dari perempuan. Beberapa alasan dominan adalah persoalan ekonomi dan tanggung jawab terhadap anak. Selain itu, free sex pun banyak terjadi karena wanita menganggap pernikahan adalah perkekangan. Eksploitasi wanita pun terjadi dari mulai periklanan, dunia hiburan, dan lain-lain dengan memanfaatkan tubuh wanita yang menarik.

ANTI FEMINISME
Pada faktanya, pria dan wanita memang berbeda.
1.   Otak (Roger Sperry,1962)
Otak kanan kiri pria bekerja sendiri sendiri. Wanita bisa memiliki hingga 30% lebih koneksi antara otak kanan dan kirinya karena korpus kolasum yang lebih tebal dari pria.
Hal itu membuat pria FOKUS dan wanita MUTITASK.

2.   To d’point vs cerewet
Wanita dapat mengeluarka 16.000 kata/hari sedangkan pria 7.000 kata/hari
Pada usia 3 tahun, anak perempuan memiliki kosakata 3kali lipat dari anak laki-laki.

3.   Logika vs emosional
Pria mengedepankan logika karena otak kirinya berkembang lebih lama dibanding otak kanannya. Wanita cenderung emosional karena menggunakan otak kiri dan kanan dengan seimbang sehingga menghubungkan pikiran dan perasaan dalam waktu yang bersamaan.
4.   Tubuh pria dan wanita
Sejak dulu, pria berperan sebagai pemburu dan wanita sebagai pengasuh dan pemelihara. Postur dan struktur tubuh pria wanita berbeda menyesuaikan perannya.

5.   Hormon oksitoksin
Wanita memiliki hormon oksitoksi yang berperan merangsang timbulnya dorongan untuk disentuh dan menyulut reseptor sentuhan. Dengan demikian, wanita 10x lebih peka terhadap sentuhan dan tekanan disbanding pria.

6.   Hormone testosteron
Hormon testosterone melimpah pada tubuh pria untuk menghasilkan oto-otot yang kuat disbanding wanita.

7.   Lemak
16% lemak pada tubuh pria dan 27 % lemak pada tubuh wanita. wanita membutuhkan banyak lemak untuk membuat system saraf dan mengandung DHA (Docosahexaenoic acid).


“Perbedaan-perbedaan pria dan wanita bukan ditujukan untuk bersaing, tapi untuk saling melengkapi”
























Share:
Lokasi: Bogor City, West Java, Indonesia academics blog
academics blog

0 komentar:

Post a comment

Copyright © Young Inspirer | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com