Wednesday, 21 March 2018

Cara Manajemen Waktu yang Baik


Halo Inspirers! Kali ini aku mau membagikan opiniku tentang cara manajemen waktu. Opiniku ini berdasarkan pengalaman pribadiku. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan ya!

http://cosmopolitanfm.com/

Sebagai pelajar, pasti kita mempunyai kesibukan yang beragam. Entah itu menekuni passion masing-masing, aktif di luar kegiatan akademis, maupun aktif di perlombaan. Kita yang memutuskan jalan hidup kita masing-masing. Kita juga yang memutuskan dimana tempat kita untuk berkembang. Namun, semua kegiatan yang akan kita jalani, harus lah terstruktur dan tersusun dengan rapi. Agar, tidak ada satu pun kegiatan yang terlewatkan. Untuk itu, kita perlu manajemen waktu yang baik agar kegiatan kita tidak ada yang bentrok satu sama lain.

Cara yang aku lakukan untuk mengatur kegiatan agar tidak bentrok adalah :

1. Menandai kegiatan-kegiatan penting di Kalander HP

Handphone merupakan benda yang sering kita bawa kemana-mana. Untuk itu, menandai kegiatan-kegiatan penting di HP sangatlah efektif. Karena setiap saat mungkin kita selalu mengecek HP. Jadi ketika tanggal penting itu telah tiba. Pasti kita akan ingat, karena reminder dari HP kita.


2. Membuat Today List

Today list merupakan to do list yang kita buat setiap hari. Today list alangkah baiknya juga diterapkan di HP kita masing-masing. Jadi hari-hari yang kita jalani bisa berjalan teratur dan terstruktur karena dibantu oleh today list. Today list biasanya disusun malam hari sebelum tidur. Jadi sebelum tidur, kita menuliskan kegiatan apa saja yang ingin dilakukan esok hari.


3. Selalu Mengecek Jadwal

Ketika kita ingin membuat janji kepada seseorang. Alangkah baiknya jika kita mengecek dulu jadwal yang sudah kita susun. Tujuannya agar acara yang sudah tersusun sejak lama tidak bentrok dengan janji yang kita buat. Jadi tidak ada yang merasa dikecewakan atau digantungin J


4. Jangan ragu untuk mengatakan “Tidak Bisa”

Prinsip ini juga perlu diterapkan bagi kita yang ingin jadwal yang sudah kita susun tidak bentrok. Jangan ragu untuk mengatakan tidak bisa kepada orang yang ingin mengundang kita. Karena jika kita memiliki rasa tidak enakan untuk menolak ajakan, maka kita akan pusing dengan agenda yang telah kita setujui itu.


5. Susunlah Skala Prioritasmu!

Skala Prioritas merupakan sesuatu hal yang sangat penting ketika acara-acara penting kita bentrok. Cara terakhir yang dapat kita lakukan jika acara-acara penting kita bentrok adalah dengan melihat skala prioritas kita. Kita lah yang berhak untuk menentukan skala prioritas kita sendiri. Karena yang tahu lebih dalam tentang diri kita pastinya diri kita sendiri. Untuk itu kita harus melihat urgensi dari setiap prioritas yang kita buat.

Mungkin cukup sekian aku membagikan tentang caraku dalam me-manage waktu agar kegiatan-kegiatanku tidak bentrok satu sama lain. Barangkali bermanfaat dan bisa diterapkan bagi kalian juga. Kalau kalian ada cara-cara lain. Boleh banget berbagi dengan kita semua. Tulis dikomentar ya jika kalian ada yang ingin membagikan tips-tips lainnya! J

Share:
Lokasi: Indonesia academics blog
academics blog

1 comment:

Copyright © Young Inspirer | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com