Saturday, 17 February 2018

Tips Menyeimbangkan Antara Akademik dengan Kegiatan di Luar Akademik

Oke, disini saya mau berbagi tips mengenai cara menyeimbangkan akademik dengan kegiatan di luar akademik. Tips ini bukan berasal dari pengalaman pribadi saya, tetapi dari pengalaman teman saya yang aktif di organisasi namun juga memiliki IP diatas 3,5 (Cumlaude). Berikut ini adalah tips-tipsnya!

http://careernews.id

1. Mencari Waktu yang Terbaik untuk Belajar
      Kita harus tau kapan waktu terbaik kita buat belajar. Karena menurut teman saya, ini merupakan cara yang terbaik menyangkut keefektifan belajar kita juga. Waktu yang terbaik menurut teman saya adalah sekitar jam 2 sampai shubuh. Jadi, setelah sholat Isya, kita sebaiknya tidur terlebih dahulu, lalu bangun pada saat jam 2 pagi. Disamping otak kita sudah fresh, kita juga bisa meluangkan waktu kita untuk sholat tahajud sebelum memulai belajar.

2. Sering Me-review Pelajaran yang Kita Paling Tidak Kuasai  
    Sering-sering ulangin pelajaran di matkul. yg paling gak kita kuasai misal kalkulus. Nahh sering sering bergaul sama kalkulusss biar bersahabat dan gak jadi musuh lagi.

3. Fokus Saat Di Kelas
      Kalo di kelas sama sekali gak mikirin organisasi kalo di organisasi sama sekali gak mikirin kelas, biar sesuai ajaa nempatin diri kita nyaa dan biar gak kecampur campur urusannya.

4. Jangan Suka Begadang
      Yg terpenting jangan begadang karena bisa bikin ngantuk di kelas, ngantuk di kelas akan menyebabkan kita tidak maksimal dengerin dosen padahal penjelasan dosen adalah yg paling penting. Tips nya kalo emang ngantuk gak ketahanan ya tidurin aja tapi jangan lupa siapin rekaman di hp biar ga ketinggalan terus pas ada waktu luang di dengerin dan dibikin resume.

5. Cari Tahu Cara Belajar Kita
      Kalau teman saya, cara belajarnya visual sama auditory. Jadi dia harus nulis dan banyak dengerin. Terkadang dia suka pura pura ngajarin ke diri dia sendiri tentang hal hal yg perlu dia ngertiin, atau dia dengerin temennya yg lagi belajar atau bikin resume pake pena warna warni yg cantik dan menarik, resumenya cuma poin poin penting terus dia jabarin sendiri dan itu ngebuat hapal diluar kepala banget katanya.

6. Kurangin main sosmed
    Wah ini dia godaan terbesar saat mau belajar. Kalau sudah mau belajar, mending HP nya dimatikan atau di silent dan dijauhkan dari kita. Tujuannya agar kita lebih fokus saat belajar.

7. Tips Rahasia Teman Saya!
    Ini tips rahasia teman saya. Jangan tinggalin tahajud sama sholat duha pokoknya tiap hari, terus biar gak gampang lupa dia sering imbangin tiap abis nambah pelajaran, dia nambah juga hapalan quran. Karena itu merupakan nasihat dari ibunya dan dia udh buktiin. “Semakin kita ngafal quran semakin mulus aja otak kita, kayak enak aja gitu diisi nya jadi nya gak mental gitu, jadii kalo bisa yaaa nambah terus lahh hafalan yaa biar tercapai juga target hafidz quran nyaa.” Mantap nih tips rahasianya! Biar berkah dunia dan akhirat

8. Selesaikan Pekerjaan Sampai Tuntas
     Kalau teman saya baru bisa belajar jika kerjaan lain udh kelar. Misal, ada yg harus di buat entah itu proposal atau tugas organisasi lain, kalau dia enakan selesaiin yang itu dulu baru dia enak tenang belajar.

9. Harus Seimbang
      Intinya bagi waktu yang benar, jangan condong ke salah satu harus seimbang, akademik, organisasi sama akhirat.

Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian para aktivis dalam memperjuangkan kebaikan ya J


Share:

1 comment:

Copyright © Young Inspirer | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com