Tuesday, 30 January 2018

Hentikan 3 Hal Ini Agar Hidupmu Tak Sengsara!

Sumber : www.dictio.id


Setiap manusia yang hidup di dunia ini pastilah ingin bahagia. Dari anak kecil, remaja, hingga orang tua memiliki keinginan mendasar untuk selalu bahagia, walau bagaimanapun caranya. Terkadang banyak orang yang mengganggap kebahagiaan diukur lewat banyaknya uang yang dimiliki, tingginya pangkat, atau mewahnya rumah dan kendaraan. Padahal sejatinya, kebahagiaan yang hakiki berasal dari dalam hati serta pikiran, dan bukanlah sebatas kenikmatan jasmani saja. 

Lalu mengapa ada orang yang terlihat hampir selalu bahagia seakan-akan hidupnya tanpa permasalahan? Apakah benar ada orang yang sepanjang hidupnya hanya berisi kebahagiaan dan kesenangan saja? Jawabannya tentu saja TIDAK. Tidak ada orang yang dalam hidupnya hanya berisi kebahagiaan dan kesenangan saja. Orang-orang yang senantiasa terlihat bahagia sebenarnya pun sama seperti kita. Mereka juga memiliki segudang permasalahan yang butuh penyelesaian. Bedanya dimana? Bedanya terletak di pola pikir dan kebiasaan.

Apa sajakah pola pikir dan kebiasaan yang harus kita hindari agar hidup kita dapat lebih bahagia? Mari simak ulasan berikut ini.



1. Redam Amarahmu!
Sumber : i.ytimg.com

Marah bagi seorang manusia tentulah merupakan hal yang wajar. Tetapi mudah marah terhadap hal-hal sepele di sekitar kita akan berdampak buruk bagi kebahagiaan kita. Lalu bagaimana jika sifat pemarah sudah menjadi kebiasaan yang mendarah-daging bagi diri kita? Lakukanlah beberapa hal di bawah ini :
  • Biasakan untuk berpikir positif terhadap kehidupan. Hal-hal yang membuat kita marah biasanya hanyalah hal sepele.Tapi karena pikiran kita yang sudah terlanjur negatif terhadap suatu keadaan, maka hal tersebut jadi kita anggap masalah besar dan menimbulkan kemarahan kita pada akhirnya.
  • Segeralah berganti posisi! Jika anda sedang berdiri dan merasakan amarah mulai memuncak, maka duduklah. Jika sedang duduk maka pindahlah ke posisi tidur. Pergantian posisi ini sudah terbukti efektif dalam meredam amarah.
  • Rutinlah berolah raga. Dengan berolah raga, maka energi kita secara berkala akan dilepaskan. Pelepasan energi berkala ini akan membawa dampak positif bagi tubuh kita dan mencegah timbulnya energi negatif yang kerap kali menyulut emosi dan membuat kita marah.

2. Buang Jauh-jauh Rasa Irimu!
Sumber : mettahu.blogspot.com

Iri terhadap apa yang dicapai dan dimiliki orang lain merupakan salah satu penyakit hati yang akan membuat kita sulit bahagia serta membuat hidup kita sengsara. Bayangkan saja jika setiap kali teman/tetangga/kenalan kita mempunyai suatu hal yang menurut kita lebih baik daripada yang kita miliki, kita merasa iri. Maka itu akan membuat diri kita sengsara. Karena nyatanya akan selalu ada orang-orang yang memiliki sesuatu yang lebih baik dari kita. Maka jika kita ingin hidup bahagia, buanglah jauh-jauh sifat iri yang kita miliki. Caranya adalah dengan mensyukuri segala karunia yang dianugerahkan olehNya. Sadarlah bahwa di luar sana, banyak orang yang ingin bertukar posisi dengan kita dan memiliki apa yang kita miliki sekarang. Dengan bersyukur juga dapat membuat hidup kita lebih tenang dan lebih bahagia.

3. Hidup Gak Usah Terlalu Cemas, Enjoy Ajalah!
Sumber : hellosehat.com

Hal lainnya yang sering menjadi faktor orang susah bahagia adalah karena banyaknya kecemasan yang dimiliki. Mulai dari cemas karena kerjaan menumpuk, cemas karena pasangan menjauh, atau bahkan cemas karena ketidak-pastian akan masa depan. Rasa cemas merupakan suatu hal alamiah yang dialami manusia. Insting untuk menghindari sesuatu yang tidak mengenakkan memang telah tertanam dalam diri sejak kita lahir. Tetapi rasa cemas yang berlebihan dapat membuat kita takut dalam menjalani kehidupan serta membuat kita dilanda kesengsaraan. Untuk menghilangkan perasaan mudah cemas agar bisa membuatmu hidup menjadi tenang dan bahagia, maka langkah berikut ini harus kamu coba.

  • Kenali sumber kecemasanmu, apabila sumber kecemasan datang dari masalahmu yang lalu, maka selesaikanlah sehingga tidak menjadi beban pikiran.
  • Terkadang sering menyendiri bisa membuat pikiran negatif menyerang. Jadi jangan cuma berdiam diri di rumah, cobalah bersosialisasi dengan orang disekitar lingkunganmu.

Nah, hindari 3 hal tadi agar hidupmu dapat bahagia ya!
Share:

0 komentar:

Post a comment

Copyright © Young Inspirer | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com